Senin, 01 September 2008

C-O-R-L-A-K-S

Elemen aktivitas : C-O-R-L
  • Proses-proses di dalam sistem informasi perlu dibedakan dengan proses-proses atau aktivitas usaha dalam sistem organisasi.
  • Proses-proses usaha memerlukan dukungan sistem informasi. Dukungan ini diawali dengan adanya pencatatan data dari variabel proses usaha, diikuti oleh pengolahan data [pembentukan informasi atau pengetahuan], kemudian diakhiri dengan penyajian hasil pengolahan [pelaporan].
  • Dalam pemberian dukungan tersebut, seringkali dibutuhkan kehadiran tempat penyimpan data atau informasi, serta dilengkapi proses-proses komunikasi atau interaksi.


Elemen aktivitas : A-K-S
  • Dalam perkembangannya, sistem informasi tidak sekedar mencatat dan mengolah data, namun juga berkaitan dengan diseminasi (penyebaran) data da/atau informasi. Hal ini memungkinkan karena teknologi yang menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya dapat membentuk jaringan komputer. Jaringan komputer ini, yang juga populer disebut ICT, merupakan tulang punggung dari sistem informasi masa kini.
  • Dengan adanya perkembangan ini, proses-proses menggunakan komputer dan jaringannya menemukan beberapa terminologi baru, seperti akses, koneksi dan sharing.


Untuk memudahkan mengingat, kenapa tidak kita gunakan saja singkatan C-O-R-L-A-K-S ?

:-)

Tidak ada komentar: