Senin, 01 September 2008

memahami penCatatan data

Definisi
Pencatatan data adalah proses untuk memasukkan data ke dalam media SPD. Jika SPD tersebut berupa buku, pencatatan data dilakukan dengan menulis pada lembar-lembar buku. Jika SPD tersebut berupa perangkat komputer, pencatatan data dilakukan dengan mengetik melalui keyboard, penggunaan pointer mouse, alat scanner [pembaca gambar], atau kamera video.

Yang termasuk di dalam pencatatan data adalah aktivitas seperti berikut ini :
  • Penulisan [ke buku atau kertas]
  • Pemasukan data [add atau entry] ke dalam komputer
  • Pemantauan [melalui mata ke dalam otak atau memori manusia]


Gambar di atas menunjukkan pencatatan, ke dalam memori dalam otak supervisor, yang menggunakan mata supervisor. Mata supervisor melihat dan membanding-kan panjang antrean dan jumlah meja kasir yang masih kosong. Apa yang dilakukan oleh supervisor ini termasuk di dalam kegiatan MoNev, atau monitoring dan evaluation

Renungan:
Mulanya berasal dari perilaku mengamati (observasi) dan mengingat pada manusia. Lalu orang mulai mencatat, untuk mengurangi beban ingatannya, dan agar tidak harus mengulangi pengamatannya. Lalu catatan itu direkam dalam media yang mulai bervariasi, termasuk penggunaan memori komputer, yang kemudian ditata, diatur, dengan memunculkan istilah tabel data, data base, data mining, data warehouse, data historis.

Hemmm, mestinya gara-gara pencatatan inilah, teknologi informasi berkembang yang kemudian mengubah sistem informasi seperti yang kita temui sekarang. Dalam pemanfaatannya, keberadaan sistem informasi jaman sekarang banyak digunakan untuk para manajer, terutama dalam membantu kegiatan pengawasan (monitoring) dan evaluasi, demi megelola sistem organisasi agar lebih baik dan sustainable.

1 komentar:

GERy mengatakan...

SPD itu apa ?