Selasa, 26 Agustus 2008

memahami informasi

Definisi:
Informasi adalah rangkaian data yang mempunyai sifat sementara, tergantung dengan waktu, mampu memberi kejutan atau surprise pada yang menerimanya. Intensitas dan lamanya kejutan dari informasi, disebut nilai informasi. “Informasi” yang tidak mempunyai nilai, biasanya karena rangkaian data yang tidak lengkap atau kadaluarsa.

Karakteristik:
Karakteristik dari informasi adalah, penerima informasi mengalami perubahan dari kondisi [state] belum mengetahui menjadi kondisi [state] mengetahui. Perubahan ini mengandung unsur tidak terduga. Informasi yang benar dan baru, dapat mengkoreksi dan mengkonfirmasi informasi sebelumnya. Informasi dapat juga dikatakan sebagai data yang telah diproses, yang mempunyai nilai tentang tindakan atau keputusan.

Sementara menurut situs systems-thinking.org, karakteristik dari informasi adalah mampu menjawab lima pertanyaan mendasar :
  • who, what, where, dan when


Manfaat:
Manfaat informasi adalah untuk mengurangi ketidakpastian. Hal ini sangat berguna untuk proses pengambilan keputusan.

Contoh informasi di supermarket :
  • Panjang antrian rata-rata pada meja kasir ke-1 adalah 17 orang. Sedangkan panjang antrian rata-rata untuk meja kasir ke-2 dan ke-3 adalah 15 dan 18 orang.

  • Kasir yang bertugas di pagi hari untuk meja kasir ke-1 dan ke-2 adalah Ani, dan Nina.

    Mereka berdua merupakan pegawai baru di supermarket ini. Sedangkan pada meja kasir ke-3, yang bertugas pada saat tersebut, namanya Euis. Dia lebih senior dari Ani dan Nina.

Tidak ada komentar: