Jumat, 29 Agustus 2008

memahami pengetahuan

Definisi
Pengetahuan adalah rangkaian informasi dan data, yang membentuk jaringan semantik, di dalam ingatan seseorang. Jaringan semantik tersebut bisa dibentuk oleh relasi logika atau intuisi, berdasarkan pengalaman maupun proses belajar.

Pengetahuan juga dikatakan sebagai hasil proses psikologi yang berasal dari persepsi, ditambah oleh proses belajar dan proses pembentukan alasan. Dia merupakan tindakan atau pernyataan tentang hal yang diketahui, dengan dukungan persepsi yang jelas terhadap suatu fakta dan kebenaran.

Relasi antara data, informasi dan pengetahuan

Pengetahuan berbeda dengan data atau informasi. Pengetahuan dapat dibentuk dari pengetahuan yang diperoleh sebelumnya, melalui proses pengambilan kesimpulan yang logis. Informasi merupakan data ditambah makna dan penjelasannya. Sedangkan pengetahuan merupakan informasi ditambah pengolahan kesimpulan.

Bentuk umum dari pengetahuan adalah sekumpulan data tentang “fakta” dan aturan [Prolog] tentang beberapa subyek tertentu.

Contoh pengetahuan :

A. Pola Prolog
  • Pengetahuan yang berbentuk data tentang “fakta” + aturan

    Pengetahuan tentang suatu keluarga bisa berisi “fakta”, bahwa Mira adalah anak dari Amir, Irma dan Rima merupakan anak dari Mira.



Kesimpulan:
Terdapat aturan bahwa anak dari anak seseorang, disebut cucu. Kesimpulannya, ditemukan fakta baru bahwa Irma adalah cucu dari Amir.

B. Pola rangkaian informasi
  • Tina merupakan kasir di supermarket “AAA”. Dia selama 6 jam sehari memperoleh wewenang dari Supervisor Yeti, untuk menerima pembayaran dari konsumen. Manager Joni bertugas mengkoordinasi bagian penjualan, yang membagikan wewenang supervisinya kepada Supervisor Yeti.

    Manager Joni sendiri menerima tugas tersebut dari Direktur supermarket.

Kesimpulan:
Di sini terlihat bahwa sebagai seorang karyawati, Tina menjadi representatif atau mewakili perusahaannya, ketika sedang melayani penerimaan pembayaran dari konsumen yang berbelanja di supermarket tersebut.

Tidak ada komentar: